ANDI TRINANDA

Beranda » ARTIKEL » SIAPA PEMIMPIN YANG LAYAK ITU …. ?

SIAPA PEMIMPIN YANG LAYAK ITU …. ?

imagesJelang dan pasca pemilu 2009 ini memang banyak melahirkan fenomena dan realitas yang jika kita pahami, terkadang membuat paradigma kita justru paradoksal dengan apa yang selama ini kita asumsikan. Saya tidak mau mengajak pembaca untuk memikirkan yang sulit-sulit tentang konstalasi hasil realitas dan dinamika politik bangsa ini-terlebih-lebih memprediksi bagaimana sikap masyarakat sesungguhnya dalam menilai dan mengikuti dinamika dan perkembangan demokrasi – termasuk juga reaksi atas opinion leader dari para elit negeri ini. Saya juga tidak mengajak anda untuk mengukur pendapat saya tentang apa yang saya temukan dan ungkapkan, saya juga tidak mengajak anda untuk mengukur tingkat validasi data yang saya sampaikan, karena pasti data itu tidak valid dan akurat untuk dijadikan opini. Jujur saya tidak punya pretensi politik apalagi paradigma partisan dalam mengungkap fakta yang saya temukan. Mengapa ? karena pertama, saya bukan orang partai, kedua saya juga bukan pengamat pesanan. Saya cuma ingin sharing saja bahwa saya pernah diskusi tepatnya ngobrol-ngobrol iseng dengan buruh tani di kampung saya di Cileungsi, tukang ojek biasa saya tumpangi, tukang gorengan combro-misro yang langganan ke rumah saya tiap sore, tukang bakso dan gado-gado langganan di kampus saya, dan masih banyak lagi yang barangkali amat banyak jika saya sebutkan satu-persatu. Yang jelas mereka semua adalah bukan pengamat unggulan yang bisa stand by jika dipesan, dan yang jelas mereka juga tidak memiliki kemampuan hebat merekam gejala logika berfikir para partisan politik yang mampu mengurai panjang lebar tentang dinamika dan romantika politik negeri ini dalam perspektif retorika yang sangat indah. Mereka cuma apa adanya mengungkap perasaan mereka, spontan dan sangat jujur tanpa beban apalagi dengan ramuan retorika yang personifikatif… pastilah jauh dari itu.

Yang saya obrolkan atau tepatnya saya tanyakan cuma sederhana… “ siapa sih pemimpin yang layak memimpin Indonesia setelah pemilu 2009 ini “ ? apa jawaban mereka….? Jawaban mereka sangat diluar dugaan saya… mereka dengan begitu sigap dan cepat menjawab, begitu saja dan mengalir apa adanya. kebanyakan dari mereka tidak langsung menunjuk nama… , mereka justru kebanyakan kecewa dengan banyaknya statement politisi kita yang memanfaatkan keberadaan mereka untuk kepentingan dan jargon mereka. Mereka kebanyakan kecewa bahwa banyak pemimpin kita masih mengganggap mereka bodoh cuma karena mereka tidak sekolah tinggi, mereka juga kecewa banyak pemimpin dan politisi bicara seolah-olah berasal dari apa yang dirasakan mereka, mereka juga kecewa dengan banyaknya pemimpin yang underestimate dengan daya rekam pemikiran dan jalan berfikir mereka terhadap realitas sosial yang tengah terjadi di tengah mereka. Justru mereka banyak menilai siapa sebenarnya pemimpin yang layak itu. Pemimpin yang layak menurut mereka adalah pemimpin yang cerdas dan bicaranya santun, tidak sarkastis (bisanya cuma menjelek-jelekkan orang lain dan menganggap orang lain tidak lebih baik dari yang bersangkutan, bicaranya menenangkan dan tidak mengundang fitnah serta caci maki. Dengan kata lain pemimpin yang layak di zaman sekarang adalah model kepemimpinan yang memang punya mentalitas personal yang bijaksana. Dan yang paling mengejutkan saya adalah mereka kebanyakan menjawab… “semua orang juga sudah tahu siapa pemimpin cerdas dan yang santun bicaranya itu……?”

Ternyata saya juga adalah orang yang selama ini underestimate terhadap eksistensi mereka…. mereka ternyata lebih cerdas dan bijaksana ketimbang kita. Pada ghalibnya memang benar tipologi kepemimpinan kedepan haruslah diisi oleh pemimpin yang cerdas dan santun bicaranya.. dan sebenarnya kita semua juga bisa menebak kearah mana dan siapa sosok pemimpin itu sebenarnya ?.


Tinggalkan Balasan

